Senin, 12 April 2010

Say Good Bye Rambut Rontok


"Uhhh, kenapa sih rambutku rontok terus. Lama-lama aku bisa botak .."cetusku ketus, dan jijik dengan banyaknya rambut yang berserakan di lantai hanya selang waktu 10 menit. Aku sudah melakukan berbagai cara mengikuti tips di internet atau buku. Aku juga sudah membeli shampo yang mengandung ginseng yang katanya berkhasiat memperkuat akar rambut sehingga rambut tidak mudah rontok, tapi hasilnya nihil. Aku sering terpaksa memotong rambutku karena seringnya rontok, sangat jarang rambutku tumbuh panjang.
Suatu hari teman sekamarku bilang "Mungkin rambutmu rontok banyak karena berketombe. Coba deh keramas setiap hari biar ketombenya hilang." Aku biasanya mencuci rambut seminggu 2 kali. Aku tidak berani mencuci rambut setiap hari karena membuat kerontokan rambutku semakin parah. Aku pernah mencoba sebelumnya ketika aku masih duduk di bangku SMP dan aku khawatir gundul gara-gara itu.
Meskipun ragu dengan saran teman, akhirnya ku coba juga. Mungkin dengan shampo yang berbeda hasilnya juga beda. Beberapa hari ini aku jadi rajin keramas dan hasilnya, wow jumlah ketombeku berkurang drastis. Rambutku juga tidak begitu banyak yang rontok.
Sebagai catatan aku memilih shampo Pantene karena selain formulanya cocok dengan jenis rambutku juga membuat rambutku lebih lembut, tidak kasar seperti sapu ijuk. Aku jadi makin sayang dengan rambutku.
Untuk pembaca yang mengalami masalah yang sama, coba diperiksa dulu apa penyebabnya. Aku telah gagal untuk mengatasi masalah kehilangan rambut karena tidak mencari akar masalah timbulnya rambut rontok.
Menurut para ahli rambut rontok disebabkan oleh dua hal yaitu faktor herediter atau keturunan dan faktor didapat. Kerontokan oleh karena faktor keturunan memang tidak banyak yang bisa dilakukan selain mencegah agar kerontokan tidak berlangsung dengan cepat. Sedangkan faktor yang didapat, ada yang disebabkan oleh karena penyakit dan ada pula karena kesalahan perawatan rambut.
Nah, kalo aku ternyata penyebabnya ketombe, hanya saja usahaku mengenyahkan si ketombe kurang begitu berhasil karena aku terlalu menggangtungkan diri pada shampoo anti ketombe, tapi pada pemakaiannya kurang mengikuti anjuran sehingga membuat rambutku semakin rusak parah. Aku asal keramas tidak menjadwalkannya secara teratur jadinya kurang memperlihatkan hasil yang memuaskan. Setelah keramas teratur, ketombe tidak hanya berkurang rambut rontok pun berkurang jadi normal lagi.
Jangan lupa pilih shampoo yang cocok dengan rambut kita. Aku pernah asal pilih merk shampo dan hasilnya parah. Ku pikir semua shampoo sama saja fungsinya untuk membersihkan rambut, ternayta tidak. Formula shampoo juga mempengaruhi. Rambutku jadi kasar seperti ijuk, gatal-gatal di kepala, atau justru memperparah kerontokan rambut. Jangan tertipu oleh iklan di TV. Rambut para model iklan TV terlihat keren karena sudah mengalami manipulasi atau perawatan mahal di salon bukan hanya karena memakai produk tersebut. Saranku pilih shampoo sesuai jenis rambut. Jika masih bermasalah coba sering creambath atau hubungi dokter untuk meminta sara.
Untuk lebih jelasnya bisa baca di situs www.blogdokter.net atau link http://muslimah.or.id khusus yang berjilbab sebab tips perawatan cewek berjilbab dengan yang tidak berbeda.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda